FORMAKOM

Forum Mahasiswa Komunikasi

 

Jakarta – Pada Senin, 11 Mei 2020 kemarin Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur telah menyelenggarakan Forum Mahasiswa Komunikasi atau yang akrab disebut dengan FORMAKOM.

FORMAKOM adalah program kerja yang diselenggarakan oleh BEM FIKOM UBL, dengan membentuk forum untuk menampung semua aspirasi mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur dan dijawab langsung oleh petinggi-petinggi dari fakultas seperti dekan, kaprodi, kepala konsentrasi, dan dosen-dosen lainnya.

Pada tahun ini FORMAKOM sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena menyesuaikan situasi yang sedang terjadi pada saat ini. Dengan mengangkat tema “Proses Akademik Di Tengah Pandemik”, kali ini BEM FIKOM UBL menyelenggarakan FORMAKOM dalam bentuk online.

Karena situasi pandemi seperti ini kegiatan akademik tidak dapat dilakukan seperti biasanya, mengikuti anjuran pemerintah untuk Physical Distancing dan tidak melakukan kegiatan berkumpul dengan orang banyak, maka Universitas Budi Luhur pun mengeluarkan edaran rektor. Menyesuaikan kondisi saat ini maka BEM FIKOM UBL mengemas FORMAKOM secara online dan mengangkat pembahasan seputar Akademik yaitu, E-Learning, KKP dan Tugas Akhir yang menjadi keluhan mahasiswa FIKOM UBL saat ini.

FORMAKOM online tetap menghadirkan narasumber dari petinggi FIKOM UBL untuk menjawab aspirasi-aspirasi mahasiswa. Narasumber-narasumber tersebut antara lain Dr. Nawiroh Vera, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, dan dihadirkan oleh Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi yaitu Bintarto Wicaksono, S.PT., M.Sn dan Kepala Progran Studi Desain Komunikasi Visual yaitu Benny Muhdaliha, M.Sn. Dipandu oleh moderator, Selvy Dian Lestari yang menjabat sebagai Ketua BEM FIKOM UBL periode 2020/2021.

FORMAKOM dilaksanakan menggunakan media Live Streaming melalui instagram @bemfikomubl dan di tonton oleh lebih dari 100 pengguna instagram. Selama live streaming, penonton juga dapat memberikan pertanyaan melalui nomor whatsapp yang tertera. Sebelumnya BEM FIKOM UBL sudah membuat form pengaduan untuk menampung aspirasi mahasiswa, kemudian pertanyaan-pertanyaan tersebut disampaikan saat Live Streaming dan langsung dijawab oleh moderator. Respon yang di berikan oleh mahasiswa pun antusias.

Dari jawaban-jawaban narasumber tersebut dapat di ambil kesimpulan bahwa mahasiswa dapat mengkomunikasikan kendala saat kuliah online dengan dosen pembimbing atau dosen penasehat akademik. Untuk keluhan KKP sebenarnya banyak sekali metode yang bisa dicapai dari segala bentuk kegiatan, bisa dengan membantu masyarakat sekitar melalui kecamatan dan sebagainya. Karena yang terpenting adalah bagaimana mahasiswa bisa terus bersinergi dengan masyarakat. Metode TA pun sangat banyak sekali pilihan, tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh mahasiswa. Yang terpenting adalah komunikasi, selalu bertanya, dan diskusi di setiap kesempatan. Selanjutnya mahasiswa dapat memahami alur koordinasi, jika sudah tidak menemukan solusi bersama dosen PA/pembimbing, mahasiswa bisa koordinasi kepada kaprodi, jika masih blm ada pencapain yang di dapat, bisa langsung ke dekan. Narasumber menekankan bahwa yang terpenting adalah jiwa aktif dan ide kreatif mahasiswa sebagaimana sesuai dengan tagline FIKOM yaitu “Siap Kreatif!”

Dengan diadakannya FORMAKOM kemarin, Fajar Satrio Utomo, selaku ketua pelaksana FORMAKOM berharap mahasiswa mendapat pencerahan dalam menjalankan kegiatan akademik. BEM FIKOM UBL tetap menjalankan fungsinya sebagai wadah aspirasi mahasiswa FIKOM UBL, pertanyaan yang belum terjawab saat FORMAKOM kemarin, akan tetap dijawab oleh narasumber melalui Podcast yang akan dimuat di media sosial BEM FIKOM UBL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *