PODCAST

PODCAST

 

Apa si itu Podcast?

Lagi booming banget ya?

Mungkin temen-temen yang belum mengetahui apa itu podcast, disini aku akan menjelaskan apa itu podcast dan apakah podcast itu booming disaat saat ini atau sudah lama, bahkan banyak juga pertanyaan yang tersimpan diotak dan pikiran teman-teman bagaimana adanya podcast? Apakah podcast sejenis radio? dan masih banyak lagi yang ada dipikiran teman-teman tentang podcast.

Baiklah langsung saja aku membahas tentang podcast ini.

Apa si podcast? Podcast adalah berkas digital berupa audio yang pendengarnya diharuskan untuk mengunduh terlebih dahulu untuk bisa mendengarkan audio tersebut. Secara singkat dari pengertian Podcast ini adalah siaran non-streaming yang disampaikan melalui audio. Sebelum mendalami tentang podcast, aku ingin memberi tahu kepanjangan dari podcast yaitu Ipod dan Broadcast atau penyiaran. Podcast ini muncul pada Oktober 2003, podcast ini dikonsepkan oleh Dave Winer yang merupakan seseorang pengembang perangkat lunak. Namun saat itu, tak banyak yang tertarik dengan konsep Winer. Hingga akhirnya, Winer membuat serial penjelasan audio dimana winer berbicara mengenai metode blog suara yang sebenarnya bisa dilakukan/dipraktikkan oleh semua orang.

Podcast ini menginspirasi Curry menggarap program Daily Source Code. Tak bisa menggunakan piranti lunak Winer, Curry akhirnya meretas skrip Apple yang dapat menyuruh komputer melihat satu feed. Berbekal hasil retas tersebut, Curry menggarap Daily Source Code, yang dianggap sebagai podcast populer pertama di dunia karena dapat diunduh dan langsung diputar di iPod lewat iTunes. Dengan adanya teknologi ini, masyarakat dapat mendengar audio dimanapun dan kapanpun.

Popularitas siniar memang terus menanjak. Hingga akhir 2005, 3.000 podcast baru bermunculan. Sebagai tanda hormat, para pembuat podcast menyebut Curry dan Winer sebagai “podfather” alias godfather di dunia podcast. Gelombang temuan para podfather ini akhirnya sampai ke Indonesia. Pada 2005, Boy Avianto membuat podcast pertama di Indonesia dengan nama Apa Saja Podcast melalui kanal blogspot.

Tiga tahun berselang, SoundCloud hadir dan langsung menjadi media yang dapat membuat podcast lebih mudah didengar. Seiring

perkembangan internet di Indonesia, medium podcast kian popular.

Podcast ini telah banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendengarkan berita, ilmu pengetahuan, dan sharing ilmu pengetahuan yang bersifat dapat diulang.

Bisa diulang, karena memang sudah diunduh diawal. Hal ini bisa menjadi kelebihan tersendiri dari Podcast dibandingkan dengan radio. Bahkan, teman-teman akan dapat mendengarkan Podcast sambil menunggu kereta, sambil menyantap sarapan, dan momen lainnya dan memasukkan ke dalam gadget untuk lebih praktisnya. Podcast juga sudah mempunyai banyak topik yang teman-teman bisa pilih untuk mendengarkan yang mana. Podcast juga merupakan ladang investasi berbiaya rendah loh, karena tak perlu memiliki studio untuk membuat podcast.

Ada ribuan kategori topik yang bisa Anda pilih di Podcast. Beberapa dari kategori tersebut adalah Arts, Business, Comedy, Education, Games & Hobbies, Health, dan sebagainya. Di setiap masing-masing kategori juga ada banyak macam-macam jenis audio juga. Podcast ini memang dahulu dirancang untuk dapat diputar pada Mac dan juga iPod. Podcast ini sempat jadi trend/booming pada tahun 2007, bahkan popularitas Podcast ini terus berkembang cepat sampai dengan saat ini. Sebagian besar orang Indonesia juga sudah terbiasa mendengarkan Podcast ini sejak tahun 2012.

Cara mendapatkan audio Podcast pada zaman dahulu berbeda dengan yang ada pada zaman sekarang. Zaman dahulu internet belum sepopuler sekarang dan belum masih sangat sulit untuk didapatkan. Saat ini teman-teman dengan sangat mudah mengunduh dan berlangganan melalui handphone teman-teman yang sudah semakin canggih. Sistem akses yang fleksibel ini membuat Podcast menjadi semakin booming diakses banyak pendengar.

Gimana si caranya buat Podcast?

Disini aku juga mau berbagi ilmu kepada teman-teman bagaimana cara membuat podcast, mungkin sebagian dari teman-teman sduah mengetahui bagaiman cara membuat podcast bahkan sudah ada yang bisa menghasilkan uang dari podcast.

Ada berbagai macam bagian dalam membuat podcast, yaitu :

  1. Perangkat keras (hardware) untuk membuat podcast

Tidak ada batasan perangkat keras untuk membuat podcast. Bahkan membuat podcast pun bisa dengan handphone pun bisa, asalkan ada aplikasi perekam suaranya. Namun yang perlu teman-teman ketahui di sini adalah podcast yang untuk didengarkan oleh banyak orang, maka teman-teman harus mempertimbangkan kualitas dari audio yang teman-teman rekam agar pendengarpun merasa nyaman dan sukak dengan kualitas audionya.

  1. Perangkat lunak (software) untuk membuat podcast

Selain perangkat keras, perangkat lunak pun juga diperlukan dalam membuat podcast loh teman-teman. Nah, berikut perangkat lunak yang dapat teman-teman gunakan saat membuat podcast.

Audacity dapat ini digunakan untuk merekam dan mengedit audio melalui computer. Audacity pun dapat digunaka di Mac,Windows maupun linux dan ini gratis loh teman-teman.

Podcast Hosting ini adalah sebuah perangkat lunak berbasis website yang berfungsi untuk menyimpan podcast Anda agar bisa didengarkan oleh orang lain.

  1. Alur kerja podcast

Setelah teman-teman sudah mengetahui apa saja perangkat yang digunakan dan diperlukan dalam membuat Podcast, selanjutnya teman-teman wajib mengikuti alur kerja podcast. Ada beberapa alur kerja podcast, yaitu :

a) Memilih topik podcast : ini hal yang sangat diperlukan, jika teman-teman ingin membuat podcast harus memiliki topik yang akan dibahas dalam podcast tersebut dan teman-teman juga harus memilih podcast teman-teman ini mengarah kemana

b) Memilih format Podcast : ini juga hal yang perlu teman-teman perhatikan dalam membuat Podcast, format seperti apa yang akan teman-teman bawakan nanti entah itu monolog, wawancara atau campuran.

c) Produksi : teman-teman sudah menentukan topik dan format podcast, alur kerja berikutnya adalah produksi. Maksud dari produksi ini yaitu teman-teman langsung membuat podcast tersebut sesuai apa yang teman-teman inginkan.

d) Publish : setelah teman-teman membuat podcast, selanjutnya teman-teman memposting podcast teman-teman ke Podcast Hosting.

e) Promosi : sesudah teman teman posting podcastnya, selanjutnya teman-temjan bisa mempromosikan podcast teman-teman ke sosial media yang teman-teman punya sehingga banyak yang mendengarkan podcast teman-teman.

Sekian pembahasan artikel ku mengenai podcast, terima kasih telah membaca artikel ku. Semoga bermanfaat ya teman-teman dan selamat mencoba membuat podcast.

 

 

Oleh : Rolly Ester U

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *