14th Annual of Communication Days “The Greatest of Indonesia”

14th Annual of Communication Days

The Greatest of Indonesia

 

Universitas Budi Luhur, Jakarta – Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (BEM FIKOM) Universitas Budi luhur kembali menyelenggarakan acara tahunan terbesarnya yaitu Communication Days. 14th Annual of Communication Days 2019 merupakan serangakaian acara insan akademis Mahasiswa/i yang berbasis pendidikan, penelitian, dan hiburan.

 

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (BEM FIKOM) Universitas Budi Luhur menyelenggarakan Communication Days pertama kali pada tahun 2006, dan terus berlanjut hingga saat ini seiring dengan berkembangnya Ilmu Komunikasi.

 

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur, Mengusung tema Communication Days ke-14 tahun ini adalah “The Greatest of Indonesia”. Karena kami ingin memperkenalkan The Greatest of Indonesia melalui berbagai platform media komunikasi, media sosial, dan situs review wisata sebagai rujukan bagi mereka Generasi Millenial untuk berkunjung dan dapat kita manfaatkan untuk memperkenalkan pariwisata yang ada di Indonesia.

 

Communication Days 2019 diselenggarakan selama 3 hari. Adapun rangkaian acara di hari pertama, 5 November 2019 yaitu Opening Ceremony, Koferensi Nasional serta Advertising Video Presentation. Dilanjutkan di hari kedua, 6 November 2019 yaitu Seminar Nasional, Workshop, dan Announcement Competition. Lalu dihari ketiga, 7 November 2019 yaitu Talkshow dan Closing Ceremony. Dan pesta rakyat Festival Nusantara selama 3 hari acara berlangsung.

 

Abdullah Azwar Anas, S.Pd., S.S., M.Si (Bupati Banyuwangi) menjadi keynote speaker Communication Days ke14. Opening Ceremony yang juga dimeriahkan oleh penampilan dari tari Pasambahan, Grup Angklung dan Gita Swara ini berlangsung dengan meriah dan hikmat.

 

Konferensi Nasional yang dihadiri beberapa Universitas se-Indonesia yang salah satunya adalah Universitas Riau ini di selenggarakan di Ruang Theater Universitas Budi Luhur. Dalam konferensi ini para peserta CFP melakukan presentasi mengenai penelitiannya dengan juri profesional dalam bidangnya. Juara Lomba Call For Papper pada tahun ini adalah Universitas Gunadarma yang mengyusung tema…

 

Seminar Nasional  yang mengangkat tema “Inovation and Tourism Development” dengan pembicara Prof. Dr. H. M. Burhan Bungin, S.Sos, M.Si (Penulis Buku Komunikasi Pariwisata) dan Muhammad Nurdin Razak (ecotourism specialist) ini membahas mengenai sektor pariwisata yang berdampak pada Pembaruan ide dengan pengembangan gagasan masyarakat dan pemerintah.

 

Dilanjut acara pada siang hari yaitu Workshop yang di bagi menjadi 3 tempat perkonsentrasinya, Broadcast Journalism dan Digital Media di Gedung Auditorium Universitas Budi Luhur dengan pembicara Bayu Maitra ( Freelance Writer Journalist), Public Relations dan Komunikasi Pariwisata dengan pembicara Bandhi Kurnia Dewi (Putri Pariwisata Indonesia Intelegensia 2017) di Theater Universitas Budi Luhur, dan yang terakhir Desain Komunikasi Visual dan Digital Advertising dengan pembicara Bunga Fatia, S.Sn (seniman mural).

 

Dalam workshop DKV dan Digital Advertising ini kami juga melakukan salah satu Tridarma Perguruan Tinggi yaitu, pengabdian kepada masyarakat. Dimana kami melakukan mural tong sampah yang nantinya hasil karya dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur tersebut akan kami berikan kepada Kampung Bekelir sebagai bentuk rasa peduli kami terhadap kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya.

 

Pada hari ketiga, Communication Days 2019 mengadakan Talskhow yang mengangkat tema “Millenial Awere of Indonesia Tourism” dengan pembicara Zahra Amalina (Duta Pariwisata SPA Indonesia 2019) dan Muhamad Rizki ( Traveller Influencer) yang membahas mengenai bagaimana cara Millenial menjadi Traveler Cerdas dan cara menghargai pariwisata yang ada di Indonesia.

 

Febi Ariani, Ketua Pelaksana Communication Days 2019 mengatakan “Banyak pariwisata di Indonesia yang indah dan belum terekspose oleh kita. Maka dari itu kita sebagai Millenial yang cerdas dan berbudi luhur harus bisa memanfaatkan sosial media dengan bijak dan salah satunya dengan cara mempromosikan pariwisata yang ada di Indonesia”

 

Selama 3 hari acara Commdays berlangsung, Commdays mengadakan Festival Nusantara yang diisi dengan Stand makanan/minunan ringan dan kerajinan budaya Indonesia yang dibuka mulai pukul 11.00 WIB – 22.00 WIB di Dokterandus Kafe. Selagi menunggu pesanan, peserta lomba maupun pengunjung yang hadir dalam acara Festival Nusantara tersebut disuguhi oleh pentas seni music dan beberapa band setiap hari mulai pukul 19.00 WIB dan 22.00 WIB. Khusus untuk hari pertama FeNus akan dimeriahkan oleh Grup Angklung.

 

Pada hari terkahir acara, Festival Nusantara dimeriahkan oleh Pentas Seni dari Band Paling Sabi, Tania x Kolega, Bondan x Talitha, Agung Akhdani, dan KMM. Pada malam ke 3 Commdays juga bekerja sama dengan Budi Luhur Skateboarding Community, dan Oren Budi Luhur yang juga ikut memeriahkan acara pada malam ini.

 

-Witriani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *