Kompetisi BLU-Preneur, kompetisi pendukung perkuliahan Creativepreneurship

Hai Fikomers,

Dengan semakin tingginya minat ber-enterpreneur pemuda Indonesia, maka Fakultas Ilmu Komunikasi pun ingin menampung minat tersebut dengan membuka kelas Creativepreneurship untuk mahasiswa. Terdiri dari 8 kelas Creativepreneurship yang dipimpin oleh dosen-dosen dari berbagai latar belakang pekerjaan, kelas Creativepreneurship semester genap 2016/2017 ini menjadi terasa semakin semarak. Dengan materi-materi bagaimana menyajikan produk dan berproses kreatif dari para dosen, akhirnya banyak terlihat ide dari mahasiswa yang sangat disayangkan kalau hanya diubah menjadi nilai dalam kolom nilai. Ide pun muncul untuk menampung ide brilian para mahasiswa kelas Creativepreneurship dalam sebuah wadah acara dengan nama BLUPRENEUR. Event yang pada akhirnya diikuti oleh 13 kelompok yang diambil dari 8 kelas ini, berkompetisi untuk mempresentasikan ide dan business plan mereka di depan para juri yang terdiri dari para pakar dan praktisi di bidangnya masing-masing.

BLUPRENEUR yang digelar pada 22 Mei 2017 di ruang teater Budi Luhur ini dibuka oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Bapak Bintarto Wicaksono, S.Pt, M.Sn lalu dilanjutkan oleh kata-kata semangat dari salah satu dosen mata kuliah Creativepreneurship yang juga memprakarsai BLUPRENEUR ini yaitu Bapak Ilham Akbar Afandi, M.iKom. Secara keseluruhan BLUPRENEUR ini berjalan dengan sukses den   gan banyaknya ide dari mahasiswa yang membuat kaget para juri dan penonton yang hadir saat itu. Mulai dari produk makanan, minuman, jasa, hiasan rumah tangga sampai ke game berbentuk visual novel dipresentasikan dengan percaya diri oleh para mahasiswa.

Ada 3 kriteria penilaian dalam mencari siapa jawara dalam BLUPRENEUR jilid 1 ini, yaitu penjabaran Business Plan, penjelasan ide produk dan presentasi. Ada 2 kategori yang bisa dimenangkan oleh mahasiswa, yaitu Best Business Plan dan Best Idea.
Setelah melalui proses pelatihan oleh dosen masing-masing, presentasi dengan waktu singkat tapi harus bisa menjelaskan produknya dari hal terbesar hingga hal terkecilnya, berhadapan dengan pertanyaan-pertanyaan sulit juri, terpilihlah 2 pemenang yang menyandang Best Business Plan dan Best Idea. Kelompok Dendeng Engkong berhasil terpilih menjadi Best Business Plan dengan produk dendeng yang dibuat dari daun singkong. Lalu ada kelompok Pika Piku yang memproduksi pisang beku dengan beberapa varian rasa yang keluar sebagai kelompok dengan Best Idea.

Dengan suksesnya BLUPRENEUR jilid 1 ini, diharapkan aka nada jilid-jilid berikutnya dari kegiatan serupa, sehingga banyak ide yang bisa ditampung mahasiswa dan diwadahi oleh Universitas Budi Luhur sehingga akan banyak lahirnya Creativepreneur muda yang pernah sibuk presentasi di sana sini dengan almamater kebanggan Universitas Budi Luhur.

Sumber : http://fikom.budiluhur.ac.id/id/2017/05/kompetisi-blu-preneur-kompetisi-pendukung-perkuliahan-creativepreneurship/

Salam Mahasiswa, Salam Komunikasi, Salam Budi Luhur !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *